Komposisi Alam

Ternyata tiap bagian alam ini memiliki perannya masing-masing… Tidak ada satupun yang tercipta dengan sia-sia. Termasuk keberadaan seekor badak.

Perwakilan Sekolah Alam Indonesia pada tanggal 8 Februari 2019 mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan pihak Yayasan Badak Indonesia (YABI) sekaligus menyampaikan amanah donasi sebesar Rp 8.000.000,- dari anak-anak dan komunitas kelas 5 SAI Cipedak.

Menurut bapak Widodo Ramono, Direktur YABI, bahwa badak sangat penting dalam hal menjaga keseimbangan ekosistem alam.

“Kita dapat menemukan sampai 15 jenis bibit tanaman dari kotoran badak.”

Layaknya polybag yang telah siap tumbuh dan disebarkan dengan alami oleh badak, dan itu baru dari satu hal kecil dari badak. Belum lagi kebermanfaatan dari pola makan badak.

Maka terbayang, sekumpulan badak dapat memberikan kontribusi dalam jangka panjang mengenai keberadaan paru-paru bumi di tengah eksploitasi tidak terkontrol para manusia.

“Terbalik, justru badak yang menolong manusia alih-alih seharusnya manusia yang melindungi habitat badak…” terang beliau.

Sehingga sekali lagi, pertemuan ini kembali memperdalam pemahaman tentang pentingnya manfaat dari konservasi lingkungan.

Ya… Semoga apa yang telah disampaikan oleh anak-anak kelas 5 ini menjadi awal dan merupakan bagian dari upaya mengambil peran. Belajar berkontribusi. Belajar untuk kembali peduli.

Yuk, kita jaga lingkungan… Tidak satu pun ciptaan Allah yang sia-sia…

***

(الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ)

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
[QS. Ali-Imran 191]

Bogor, 8 Februari 2019

#imanihsan
#konservasi
#badak
#yayasanbadakindonesia
#tamannasionalwaykambas
#tamannasionalujungkulon
#sekolahalamindonesia