Outing SD 3 ke Pulau Seribu

Sebuah perjalanan (journey) selalu memberikan pengalaman yang akan menempa sang pengelana. Variasi perjalanan, darat-laut, memberikan nuansa berbeda. Rasa berat nan lelah beriring antusiasme dan ketakjuban, betapa Allah Maha Kuasa.

Kali ini kami SD3 Baiturrahman-Darussalam melakukan kegiatan pengenalan ekosistem mangrove. Dipandu oleh pak Yuliansyah, salah seorang petugas lapangan di Taman Nasional Laut Kep. Seribu yang ada di pulau Pramuka.

Kegiatan selanjutnya di hari pertama adalah edukasi mengenai pelestarian penyu sisik.
Penyu sisik adalah salah satu hewan yang populasinya mulai terancam, di Taman Nasional Laut Kep. Seribu (TNKpS) terdapat tempat penetasan telur penyu sisik semi alami.
.
Hari pertama kegiatan Outing ditutup dengan kegiatan mengisi worksheet dan refleksi bersama para PAKnya…
.
Refleksi dimaksudkan untuk merajut makna dari pengalaman yang sudah didapatkan oleh anak-anak hari itu. Apa yang didapatkan, apa yang dirasakan, hikmah apa yang teresap ke dalam dirinya, dst. Semoga apa yang dilakukan bermakna untuk dirinya menjalani kehidupan kelak.

1. Shubuh berjamaah + Almasurat
2. Pelepasan tukik (TNKpS)
3. Explore pulau sekitar
– Nusa keramba, pulah Pramuka
– Ikan hias laut, pulau Panggang
– Rehabilitasi Elang Bondol, pulau Kotok
– Pulau Semak Daun
– Pulau Air (spot snorkling)
4. Pulau Pari
5. Refleksi

Dengan adanya edukasi pengenalan dan penanaman mangrove diharapkan Ananda paham manfaatnya, yakni sebagai pencegah abrasi pantai dan juga sebagai habitat biota sekitar ekosistem mangrove. Cintai bumi cintai masa depan.