Outing Ekspedisi Kelas 5

Keberangkatan dari Jakarta menuju Taman Nasional Way Kambas, Lampung dalam rangka mendalami, mempelajari, merenungi kebesaranNya melalui ciptaan-ciptaanNya. Mereka juga akan mengemban misi, menjadi bagian dari para pejuang yang menjaga alam semesta ini. Ekspedisi kelas 5 dimulai tanggal 9 – 13 Maret 2020.

Saat tim outing tiba di lokasi. Aklimatisasi daerah dan juga penyambutan disambut langsung oleh Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Plang Ijo.

Persiapan terbaik untuk menyambut hari: Mengawali hari dengan mengingat Allah. Shalat berjamaah dan dzikir pagi.

Tidak ada yang sia-sia dari setiap ciptaanNya. Keberadaan badak ternyata berperan dalam penyebaran biji-biji tanaman ke seantero wilayah hutan yang dijelajahinya. Sungguh kesempatan berharga anak-anak dapat bertemu langsung dengan binatang langka ini. Semoga menjadi inspirasi untuk menjaga lingkungan dengan lebih baik. Insya Allah.

Salah satu tantangan menjaga kelestarian satwa langka yang dijaga adalah keberadaan pakan satwa tersebut. Setelah melihat contoh di kawasan Restorasi Bambangan yang relatif sudah lebih stabil, tim ekspedisi melakukan penanaman pakan satwa di lokasi Rawa Kijang.
.
Harapannya dalam jangka beberapa tahun ke depan, area ini dapat menambah dan menjadi alternatif yang mendukung area restorasi lainnya untuk keberlangsungan pakan satwa. Upaya Sustainable Conservation, hingga batas yaumil akhir. Semoga Allah meridhoi. Aamiin.

Pengamatan, dari dermaga Kuala Penet menuju kampung nelayan di Kuala Kambas, trekking dan susur sungai menuju resort Way Kanan.

Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera…
Semboyan yang disampaikan oleh tim dari Kelompok Tani Hutan Plang Ijo menginspirasi Sekolah Alam Indonesia untuk turut berperan.

Prinsip pada kalimat ‘hutan lestari masyarakat sejahtera’ mengupayakan hubungan timbal balik berupa kebaikan kepada keduanya. Alam dan manusia.

Alhamdulillah, tim ekspedisi dapat menyalurkan bantuan dari para donatur dan sponsor yang harapannya dapat berdampak baik pada lingkungan namun juga masyarakat yang berada di sekitarnya.

Amanah bantuan sosial berupa: perlengkapan sekolah, daypack, kursi roda, buku bacaan dan juga fasilitas umum berupa toilet

Aktivitas hari keempat berupa bakti sosial.
Adapun bentuk bantuan sosial berupa: perlengkapan sekolah, daypack, kursi roda, buku bacaan dan juga fasilitas umum berupa toilet.

Terimakasih kepada para sponsor dan donatur yang sudah mendukung kegiatan ini :

  1. Kideco, @kidecojayaagung
  2. TNWK, @balaitamanasionalwaykambas
  3. YABI, @badak.indonesia
  4. BNI46 Senayan, @bni46
  5. ZIS indosat, @zisindosat
  6. Pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI
  7. Telkomsel, @telkomsel
  8. PGN, @gas_negara
  9. AGIT, @astragraphia_career
  10. LPS, @lps_idic
  11. Citilink, @citilink
  12. Maghfiroh, @maghfirahofficial
  13. Zizara, @zizara_
  14. Bluebird, @bigbird_bus @bluebirdgroup
  15. Gramedia, @gramediabooks
  16. Nusalogic, #nusalogic
  17. ANTAM, @official.antam
  18. DD, @dompetdhuafaorg
  19. Maksindo, @mesinmaksindo
  20. Wientjes, @wientjes_cake
  21. Kajian As-Salam SAI, @kajian_assalam
  22. Ibu-ibu alumni NFBS @Esti.791010 @eny_anggrainy_n
  23. Ibu Anifriza, ots alumni NFBS @Anif.riza
  24. Ibu-ibu Kavling UI Timur @beyantie @dinidarojat, @tatilatifah_h, @eva_hasnahhasan
  25. Kajian Raudhatul Muslimah, @raudhatul.muslimah