ISTC

PENDAHULUAN

Sejak awal berdiri pada tahun 1998, Sekolah Alam Indonesia sudah mempunyai semangat bahwa sekolah ini merupakan sekolah untuk semua. Sejak itu pula Sekolah Alam Indonesia menerima siswa berkebutuhan khusus (ABK)

Proses penerimaan siswa di Sekolah Alam Indonesia, tidak melakukan seleksi siswa melainkan seleksi orang tua yang mempunyai semangat, visi dan misi yang sama tentang pendidikan dengan pihak sekolah. Faktanya setiap tahun jumlah siswa Sekolah Alam Indonesia yang terindikasi anak berkebutuhan khusus terus meningkat. Ditambah lagi Sekolah Alam Indonesia merupakan salah satu rujukan bagi ahli tumbuh kembang anak. Hal ini terlihat banyaknya calon siswa Sekolah Alam Indonesia yang datang mendaftar atas rekomendasi guru sebelumnya atau lembaga tumbuh kembang anak.

Sejak tahun 2000 pertumbuhan anak berkebutuhan khusus(ABK) terus meningkat. Sementara lembaga pendidikan atau sekolah yang menangani mereka jumlahnya sangat terbatas. Berdasarkan kondisi inilah maka Sekolah Alam Indonesia mengambil peran dalam Pendidikan anak berkebutuhan khusus(ABK).

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan psikologis mencakup fisik, motorik, mental, intelektual, sosial maupun emosional dibandingkan dengan anak seusianya.

Di Sekolah Alam Indonesia saat ini menerima dan menangani anak berkebutuhan khusus  antara lain: ASD, ADD, ADHD, Intectual Disability, Down Syndrom dan hambatan belajar.

UU No.20 tahun 2003 tentang pelayanan inklusi dan UU No. 8 tahun 2016 tentang disabilitas, tindak lanjut dari implementasi dari kedua undang-undang tersebut KaDisDik 2017 mewajibkan setiap sekolah umum untuk meneyelenggarakan pelayanan inklusi. Berdasarkan aturan ini membuat Sekolah Alam Indonesia semakin optimis dalam meningkatkan pelayanan pendidikan terhadap ABK.

SEJARAH

Bermula pada tahun 2002 terdapat satu siswa berkebutuhan khusus yang sekolah di Sekolah Alam Indonesia (saat itu masih beralamat di jalan Anda Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan). Ia belajar di Sekolah Alam Indonesia dengan seorang guru pendamping yang disiapkan oleh orang tuanya secara mandiri. Selanjutnya terbentuklah Special Need Center(SNC)  pada tahun 2003 yang melakukan penanganan terhadap siswa berkebutuhan khusus di SAI dengan 3 kategori:

  • Siswa center yang saat itu terdapat dua kelas yaitu kelas hijau dan biru
  • Siswa di kelas regular dengan pendampingan
  • Siswa regular yang membutuhkan remedial/terapi. Siswa ini tidak ada pendampingan di kelas.

Keberadaan SNC tidak lama. Pada tahun 2004 SNC tidak dilanjutkan. Seluruh siswa berkebutuhan khusus yang ada di Sekolah Alam Indonesia masuk menjadi siswa kelas reguler dengan pendampingan dan tetap melakukan remedial pada siswa yang membutuhkan. Selanjutnya disebut dengan IST(Inclusive Special Treatment) dalam bentuk lembaga Unit Pelaksana Teknis(UPT)

Penanganan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Indonesia dengan metode ini berlangsung hingga tahun pelajaran 2013-2014 terbentuklah kembali kelas khusus, selanjutnya disebut dengan ISTC(Inclusive Special Treatment Center). Ini terbentuk atas dasar data evaluasi yang dilakukan oleh sekolah pada beberapa siswa berkebutuhan khusus yang tergabung dalam kelas reguler tidak mampu  mencapai targetan pembelajaran yang telah disusun pada Individual Education Program(IEP) siswa dan menunjukkan bahwa tingkat perkembangan dan kemampuan mereka berada jauh di bawah usianya.

Mulai tahun pelajaran 2013-2014 inilah lembaga IST yang merupakan Unit Pelaksana Teknis berubah menjadi sebuah level tersendiri yang dikepalai oleh kepala sekolah ISTC.

Siswa berkebutuhan khusus yang kami tangani adalah siswa dengan diagnosa: Autism, ADHD, Down Syndrome dan Intelectual Disability.   

NATURE BASED CURICULUM

ALAM :

Sebagai Laboratorium pembelajaran yang murah

STIMULUS :

Memberi stimulus secara menyeluruh baik dari aspek perkembangan fisik motorikemosi, sosialisasi, komunikasi, dan  kognitif .

FASILTATOR DAN METODE :

Pendidikan berkualitas bukan bergantung pada bangunan yang megah melainkan:   guru yang berkualitas, metode yang digunakan serta sumber belajar yang dipakai

 

 

ASPEK KURIKULUM ABK

IMPLEMENTASI NATURE BASED KURIKULUM ABK

ISTC SAI - ONE STOP FOR ALL

 

 

GALLERY