SAI BLESS

SEJARAH

Lima tahun, waktu yang singkat untuk membangun sebuah peradaban. Tetapi lima tahun adalah waktu yang dirasakan tidak sebentar bagi proses mengembalikan peradaban Islam yang gilang gemilang. Melalui langkah sederhana namun bernilai tidak sederhana.

Bagaikan kehidupan, Sekolah Alam Indonesia melalui proses tumbuh dan kembang. Tumbuh dengan bertambahnya jumlah Sekolah Alam yang ada,   berkembang dengan  bertambahnya tingkat pendidikan yang dikelola.

SAI BLESS ( Sekolah Alam Indonesia Bussiness and Leadership School ) adalah bagian dari perkembangan Sekolah Alam Indonesia (SAI). Awal berdiri SAI  tahun 1998 dimulai dengan mengelola pendidikan tingkat kelompok bermain dan Sekolah Dasar.

Empat belas tahun kemudian , di tahun 2012 berkembang dengan berdirinya tingkat SMA SAI yaitu SAI BLESS. Melalui sebuah inisiasi dari lembaga syuro guru yang mencoba merumuskan The Future Grand Design of SAI (2010), dalam salah satu rencana strategisnya adalah mendirikan tingkatan SMA untuk menyambungkan dengan tingkat pendidikan yang telah ada sebelumnya.

Tujuan pengembangan SAI BLESS berakar dari proses pendidikan yang diawali pembentukan sejak taman bermain, sekolah dasar dan sekolah lanjutan. Evaluasi dan pengembangan kurikulum maupun metode yang sudah ada dengan disesuaikan proses tumbuh kembang siswa-siswa sebagai subyek belajar.

Bertambahnya usia siswa yang sudah melewati aqil baligh yang berarti memposisikan siswa sebagai dewasa muda dengan beban taklif yang hakikatnya sama dengan orang dewasa di hadapan Allah SWT.

KURIKULUM

Sekolah Alam Indonesia  Business Leadership School mengembangkan kurikulum KBTK yang didasarkan pada tiga pilar, yaitu Akhlak, Kepemimpinan, dan Bisnis. Pilar bisnis dikembangkan dari kurikulum akademik (kurikulum akademik ada di tingkat kbtb – Sl ) . Dimana  bisnis adalah proses kompleks yang memuat banyak sisi akademik berbeda untuk bisa dijalankan dengan baik dan bertumbuh.Kelanjutan proses akademik siswa difokuskan pada pengembangan pribadi yang berorientasi pada kehidupannya di masa depan. Sehingga pilihan akademik sangat ditentukan oleh peningkatan kapasitas kepeimpinan di masing-masing siswa.

PROGRAM PROGRAM UNGGULAN

Zee Discovery merupakan Program pengembangan inagurasi yang biasa diselenggarakan SAI BLESS pada setiap awal tahun ajaran. Zee Discovery memiliki 3 target yaitu Finding your why, Well prepare dan Reflective. Zee Discovery diperuntukan bagi siswa Year 1 SAI BLESS

Edu Travel (Open Trip) merupakan program unggulan Y1 semester dua yang dikerjakan secara berkelompok (besar/kelas) dengan sasaran peserta di luar SAI BLESS. Proram ini mempunyai tujuan: risk manajemen, adaptability, communication dan team work. Perjalanan yang bermuatan pendidikan ini mencakup kegiatan sosial, fun learning dan kampanye berwawasan lingkungan .

Adventure of Young Entrepreneurship merupakan rangkaian program  untuk mengembangkan 7 karakter entrepreneurship ; mencintai pekerjaannya, kreatif, jeli dalam melihat peluang, manajemen yang baik, teamwork, network, trust, fokus, endurance, read. Diawali dengan presentasi dan approal guru kelas

Merupakan Program menguatkan 5 (?) karakter enterpreneurship dalam bentuk kegiatan yang variatif sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas masing masing diri. Dilaksanakan secara grup kecil (maks 3 orang). Diawali dengan presentasi dan approal guru kelas

I-Jouney program pengembangan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pribadi (strength), serta menyiasati kelemahan dengan cara melakukan perjalanan secara individu.

GALLERY