Sekolah Dasar

SEJARAH

Sekolah dasar (disingkat SD; bahasa Inggris: Elementary School atau Primary School) adalah level tingkat dasar di Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 1998. Sekolah Dasar dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dan ditempuh dalam waktu 6 tahun.

 

PEMBELAJARAN TINGKAT SEKOLAH DASAR

Sekolah Alam Indonesia mengembangkan kurikulum yang mengembangkan akhlak mulia, menumbuhkan kepemimpinan, dan mengasah logika berpikir dengan merujuk pada kurikulum Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang disinergikan dengan sistem pembelajaran khas Sekolah Alam Indonesia.

Model pembelajaran yang digunakan adalah “Integrated Learning” dan “Experiental Learning” dengan pendekatan pembelajaran “Project Based Learning” (PjBL). Dengan model pembelajaran ini, setiap mata pelajaran akan saling terkait satu sama lain secara terintegrasi. Dengan demikian siswa dapat belajar melihat suatu hal/masalah dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan mampu menemukan solusi terhadap permasalahan tersebut.

PROGRAM UNGGULAN

Journey adalah kegiatan belajar di luar sekolah yang dilakukan oleh kelas 3 dalam rangka perjalanan menuju sumber ilmu yang membutuhkan waktu sampai bermalam meliputi kegiatan perencanaan hingga pelaksanaan dengan mengeksplorasi tema pembelajaran di kelas selama 3 hari 2 malam.

GALLERY

Discovery adalah pembelajaran berbasis pengalaman untuk siswa kelas 4 di luar sekolah dalam rangka mengeksplorasi tema pembelajaran dengan tujuan menemukan pengetahuan baru langsung ke sumbernya dan dari pakarnya langsung selama durasi waktu 4 hari 3 malam.

GALLERY

Expedition adalah sebuah kegiatan  untuk siswa kelas 5 dalam rangka pembelajaran dengan memberikan pengalaman langsung melalui perjalanan, pengamatan dan eksplorasi Taman Nasional  yang berjarak dalam radius 200-300 km dan atau waktu tempuh 10-15 jam perjalanan  dari sekolah dan dilakukan di semester 2 selama 5 hari 4 malam.

 

 

GALLERY

Simple Research adalah kegiatan siswa kelas 6 di semester 1 yang dilakukan secara individu dalam rangka merefleksikan pengalaman belajar selama 5 tahun di sekolah dasar yang meliputi pemilihan topik yang diminati, penyusunan dan diskusi materi serta metode penelitian sederhana dengan guru pembimbing sampai pada proses percobaan/penelitian, analisa data hingga presentasi hasil penelitian.

 

GALLERY

GALLERY KEGIATAN SEKOLAH DASAR