Sekolah Lanjutan

SEJARAH

Sekolah Lanjutan Sekolah Alam Indonesia mulai berdiri pada tahun 2004 sebagai sebuah jawaban atas kegalauan orang tua siswa tentang lanjutan dari Sekolah Dasar Sekolah Alam di Ciganjur. Sekolah Lanjutan adalah setingkat SMP dan berjenjang dari kelas 7, 8, dan 9. Dengan beragam alternatif sekolah menengah pada masanya, akhirnya dibentuklah Sekolah Lanjutan Sekolah Alam Indonesia yang memiliki tagline “Mengantarkan Anak Menuju Kedewasaan”.

Tagline SL SAI
Memadukan Kurikulum KEMENDIKBUD, Kurikulum Sekolah Alam Indonesia, dan Pengalaman pengalaman nyata dalam kehidupan sehari sehari menjadi sebuah program pembelajaran Sekolah Lanjutan yang bertujuan untuk Mengantar Anak Menuju Kedewasaan dengan tiga pilar, yaitu : Kedewasaan Jasadiyah ( Jasmani ), Kedewasaan Ruhiyah ( Rohani ) dan Kedewasaan Berpikir ( Fikriyah ).

PENDAHULUAN

Sekolah Lanjutan SAI menggunakan kurikulum Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan disinergikan dengan sistem pembelajaran khas Sekolah Alam Indonesia. Siswa Sekolah Lanjutan berusia 12 – 14 tahun, dan pendidikan di usia ini adalah pendidikan di masa transisi antara usia anak-anak dan usia dewasa. Banyak sekali perubahan yang terjadi pada masa ini, baik dari sisi fisik, emosi, dan psikologis anak. Disinilah peran Sekolah Lanjutan SAI untuk “Mengantarkan Anak Menuju Kedewasaan”, yaitu untuk mengantarkan anak-anak “siap” menghadapi masa dewasanya. Dewasa yang dimaksud melingkupi 3 (tiga) hal utama yaitu Dewasa Fisiknya (jasad), Dewasa Pemikirannya (fikriyah), dan Dewasa Rohaninya (Ruhiyahnya).

Standar kompetensi lulusan Sekolah Lanjutan SAI, yaitu

  1. Memiliki komitmen terhadap nilai-nilai kebenaran
  2. Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain
  3. Memiliki karakter pemimpin
  4. Memiliki keterampilan berfikir kreatif dan berinovasi

Untuk mencapai hal tersebut, diterapkanlah sebuah metode pembelajaran terintegrasi dengan model spider web, dimana setiap mata pelajaran akan terkait satu sama lain, sehingga setiap anak bisa melihat setiap hal /masalah dengan sudut pandang yang berbeda dan mampu menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Real life experience dan long life learning menjadi bagian dalam setiap aktivitas yang akan memperkaya wawasan siswa dalam menyikapi kehidupan secara nyata.

Program Pembelajaran Sekolah Lanjutan Sekolah Alam Indonesia, dilaksanakan dengan menggunakan tiga metode kunci yaitu, PROJECT BASED LEARNING, PROBLEM BASED LEARNING dan SERVICE LEARNING

Aktivitas pembelajaran selain dilaksanakan dalam kegiatan klasikal, juga dilaksanakan dalam bentuk program-program, yaitu :

  • Matrikulasi
  • Internship program pada beberapa UKM
  • OTFA (Out Trekking Fun Adventure) pendakian gunung dan susur pantai
  • Student Board (Presiden Siswa)
  • Inspiring Leadership Activity
  • Local Wisdom
  • KPU Presiden Siswa (Komisi Pemilihan Umum)
  • Farming
  • Muhadhoroh
  • Life Skills
  • Outbound
  • Outing penunjang
  • Ramadhan Activity
  • I’tikaf
  • Qur’an Camp
  • Science Fair
  • Literacy Fair
  • Mentoring
  • Self (bimbingan konseling)
  • Program Menuju Ujian Nasional

PROGRAM PROGRAM UNGGULAN

Ketiga Metode kunci ( Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Service Learning ) dimanifestasikan kedalam bentuk tiga program program unggulan yaitu, YOUNG EXPLORER, YOUNG RESEARCHER dan LIVE IN

Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang – orang sebelum mereka.”  ( QS. Muhammad : 10)

Young Explorer merupakan sebuah project untuk menguatkan karakter siswa dengan proses pencarian jati diri melalui sejarah perkembangan Islam di Nusantara. Secara berkelompok, setiap siswa akan mengalami proses Young Explorer selama kurang lebih 7 bulan. Mereka akan mengeksplorasi khazanah ilmu yg terkandung di suatu daerah di Indonesia, melakukannya dengan perencanaan yg matang dan detail, dan mewujudkannya dengan kerja keras dan kerja cerdas.

Rangkaian proses ini diharapkan dapat membangun karakter positif siswa, mengasah beragam keterampilan yang perlu dimiliki di abad 21 (keterampilan komunikasi, keterampilan berkolaborasi, berfikir kreatif, dan berfikir kritis), serta melatih kemampuan leadershipnya. Maka pada akhirnya, siswa akan semakin mengenal dirinya sebagai seorang muslim yang peduli sesama dan peduli lingkungannya.

GALLERY

“Katakanlah, perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi!. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-rosul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman (Q.S Yunus:101)

Young Researcher, merupakan program yang dirancang untuk melatih siswa mensistematiskan logika berfikir ilmiahnya. Kreativitas dan inovasi siswa semakin terlatih melalui observasi, penelitian, serta solusi yang dia berikan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Dilakukan secara berkelompok, proyek ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi antar teman dan mengelola kerjasama dalam tim. Produk penelitian siswa berupa karya ilmiah dan produk lain akan menjadi bahan diajukannya penelitian mereka untuk ajang kompetisi penelitian ilmiah tingkat nasional dan internasional.

Kemampuan berfikir ilmiah bukan hanya milik ilmuwan. Tapi juga salah satu kemampun yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar terstruktur dan tepat dalam mengambil keputusan.

GALLERY

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni)

Live In merupakan program service learning yang dirancang sedemikian rupa untuk melatihempati siswa terhadap sekelilingnya dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan kebermanfataannya bagi orang lain. Empati yang timbul bukan hanya selesai di tataran refleksi, akan tetapi siswa juga dilatih untuk memberikan aksi nyata dengan proyek yang mereka rencanakan berdasarkan hasil investigasi sebelumnya, sehingga tepat guna sesuai yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Dilaksanakan di desa terpencil dan tertinggal, siswa dibiasakan untuk hidup dalam semua keterbatasan. Keterampilan hidup dasar yang mereka miliki sebelumnya menjadi modal untuk bisa bertahan hidup dalam kondisi ini.  Nilai utama dari live ini adalah menanamkan sikap kontributif dalam masyarakat sehingga dapat menjadi insan yang bermanfaat bagi orang lain.

GALLERY

GALLERY KEGIATAN SEKOLAH LANJUTAN